Pages

Minggu, 25 Agustus 2013

Jasa Daur Ulang

jasa daur ulang
Jasa daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle).


Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan.

Limbah yang sering di daur ulang oleh jasa daur ulang adalah :


  • Plastik, berasal dari botol minuman, plastik kemasan sabun dll
  • Kardus, berbagai kardus bekas 
  • Kaleng, kaleng susu, kaleng minuman dll
  • Besi
  • Aki bekas
  • Kaca
  • Sisa potongan rambut di salon

Pemanfaatan kembali kertas bekas secara langsung untuk penggunaan lain merupakan upaya penghematan terhadap peningkatan kebutuhan kertas dari serat asli. Upaya daur ulang kertas bekas tersebut akan berdampak positif terhadap kemusnahan hutan dimasa mendatang.

Salah satu upaya jasa daur ulang sampah kertas adalah memberi perlakuan terhadap kertas kardus bekas untuk dijadikan produk bahan pengemas kembali dengan ukuran yang sama atau lebih kecil.

Plastik merupakan material yang banyak digunakan pada saat ini. Dengan peningkatan penggunaan plastik tersebut,meningkat pula limbah yang dihasilkan. Dari sekian banyak limbah plastik tersebut, limbah plastik rumah tangga yang paling banyak berkontribusi. Bila tidak ditangani dengan tepat maka dapat mencemari lingkungan. Untuk skala besar atau pabrikan, limbah plastik akan diolah dilebur dan dibuat barang baru lagi. 

Untuk jasa daur ulang rumahan, dengan kreatifitas yang ada limbah plastik bisa dibuat menjadi kerajinan cantik, tas, hiasan rumah, dll. Begitu juga dengan barang bekas lainnya yang tidak bisa diurai alami oleh tanah.

Dan sedikit tips dari jasa daur ulang untuk mengurangi limbah kantong plastik, saat berbelanja bawalah selalu tas belanja dari rumah dan menolak pemberian kantong plastik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar